2012, Diplomasi RI Harus Lebih Agresif

JAKARTA: Anggota Komisi I DPR RI (bidang Luar Negeri, Pertahanan, Intelijen, Sandi, Komunikasi dan Informatika), Fayakhun Andriadi, mengingatkan Pemerintah RI, agar menghadirkan gerakan diplomasi lebih agresif pada 2012 bagi kepentingan nasional.

“Kinerja Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan jejaringnya di berbagai kedutaan besar dan konsulat jenderal di seluruh kawasan dunia, harus benar-benar lebih dimaksimalkan, demi mengeksiskan RI, membawa misi sekaligus mengawal kepentingan NKRI,” katanya.

Dia mengingatkan, berbagai tantangan di bidang ekonomi, moneter, ketenagakerjaan, perebutan pangsa pasar pariwisata, juga eskalasi konflik regional di beberapa kawasan, patut mendapat perhatian khusus serta serius.

“Karenanya, kita semakin membutuhkan kualifikasi diplomat yang handal, untuk menjalankan berbagai misi negara serta mengawal kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam percaturan global tersebut,” tegasnya.

“Begitu pula potensi konflik perbatasan dengan beberapa negara tetangga, baik di kawasan perairan, daratan maupun udara, harus segera dicarikan solusi beradab serta elegan, dengan tidak mengorbankan kepentingan NKRI,” ujarnya.

Dua hal itu, menurutnya, tidak bisa dibiarkan berlarut, sehingga berpotensi menjadi ‘bom waktu’ di kemudian hari.Problem serius yang sudah mulai dapat diakhiri, menurutnya, ialah, makin selektifnya kita dalam menentukan Duta Besar (Dubes) RI.

“Tidak seperti sebelum-sebelumnya, yang diangkat jadi Dubes itu rata-rata purnawirawan atau pensiunan dari mana-mana. Ini tentu perlu lebih dimaksimalkan, karena tugas Dubes bukan memimpin kantor dengan pekerjaan-pekerjaan administratif yang rutin,” katanya.

Fayakhun menunjuk gaya beberapa Dubes negara sahabat dalam kiprahnya di Indonesia, yang begitu proaktif mendekati pimpinan organisasi non formal keagamaan, LSM, aktivis kampus maupun pergerakan-pergerakan rakyat lainnya. (Antara)

Sumber: Antara, Sabtu 31 Desember 2011

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>