Menlu Diminta Aktif Bela WNI

Jakarta – ANGGOTA Komisi I DPR RI Fayakhun Andriadi meminta Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa harus aktif dan bekerja keras membela kepentingan warga negara Indonesia di luar negeri.

“Jangan selalu reaksioner dan nanti ditekan publik baru ada tindak konkret. Bersikap lebih tegas dan keraslah membela WNI dari berbagai penghinaan asing,” katanya di Jakarta, Sabtu 5 Mei 2012.

Ia mengatakan itu terkait masih tingginya tindakan semena-mena pihak asing, terutama di Malaysia, Singapura, serta beberapa negara Timur Tengah atas TKI atau TKW.

“Misalnya mengenai TKI yang diberondong polisi Malaysia. Tindakan ini berlebihan sebab tugas polisi adalah menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat,” ujar anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) dari Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta ini.

Jadi, menurut dia, tugas polisi itu sifatnya melumpuhkan, bukan membunuh. “Kelakuan polisi Malaysia adalah pelanggaran HAM berat. Makanya kami mendesak Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa untuk bersikap tegas dan keras terhadap tindakan polisi Malaysia yang telah melanggar HAM atas WNI,” katanya menandaskan.

Ia juga meminta Menlu Marty untuk memanggil Duta Besar (Dubes) Malaysia di Jakarta. “Sebab, penjelasan Pemerintah Malaysia harus konkret dan jelas, dalam hal ini adalah tanggungjawab kepala polisinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, sekali lagi dia meminta Menlu RI harus aktif melaporkan ke Mahkamah Internasional di Den Hag karena kedua negara sudah meratifikasi HAM di PBB.

“Mahkamah Internasional adalah pihak netral untuk menyelesaikan masalah ini. Tentu Marty harus aktif dan kerja keras membela WNI atas pelanggaran HAM berat yang dilakukan aparat polisi Malaysia,” demikian Fayakhun Andiradi, kandidat doktor ilmu politik Universitas Indonesia (UI) ini.***

Sumber: Antara, Sabtu 5 Mei 2012

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>