Soal Isu Kudeta 25 Maret, BIN Sampaikan Analisa ke Komisi I

Analisa disampaikan dalam rapat tertutup di markas BIN di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Apa saja hasil analisanya?

Senayan – Sejumlah anggota Komisi I DPR mendatangi kantor Badan Intelijen Negara (BIN) di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (20/3). Mereka menggelar rapat dengan intelijen mengenai isu akan adanya unjuk rasa besar dan kudeta pada Senin, 25 Maret 2013.

Fayakhun Andriadi, salah satu anggota Komisi I yang turut menghadiri rapat tertutup itu, mengatakan bahwa DPR perlu mengetahui hasil analisa BIN atas isu tersebut. BIN sudah melakukan analisis berdasarkan konteks kedaulatan negara.

“Mereka membedah latar belakang aksi, siapa aktornya, arahnya ke mana, dan seterusnya. Buat kami Komisi I, BIN adalah alat negara yang harus dijaga, jangan sampai diperalat pemerintah. Komitmen itu sudah dipegang oleh Kepala BIN,” kata Fayakhun Andriadi di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (21/3).

Menurut BIN, kata Fayakhun, isu aksi unjuk rasa besar-besaran pada 25 Maret 2013 adalah bagian dari demokrasi. Secara umum situasi keamanan terkendali sehingga aparat kepolisian dan tentara belum perlu diturunkan untuk menjalankan prosedur siaga satu.

BIN juga menegaskan tidak akan mencampuri proses demokrasi dan konstitusi, tapi akan memberikan antisipasi terhadap kemungkinan tindakan makar. Hanya, antisipasinya bukan bersifat operasional.

“Tugas BIN adalah mata dan telinga. Dari data dan informasi yang dikumpulkan, BIN menyerahkan data kepada institusi berwenang yang bisa melakukan kegiatan operasi seperti polisi,” kata politisi Golkar ini.

Kepala BIN Letjen Marciano Norman menegaskan, pihaknya tidak akan menghalangi aksi unjuk rasa sepanjang tidak anarkis dan berjalan sesuai aturan. Adapun soal tuntutan pengunjuk rasa untuk menurunkan presiden, Norman berdiplomasi, “Saya rasa presiden naik dan turun itu ada aturannya.”

Sumber: JurnalParlemen, 22 maret 2013

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>