Fayakhun apresiasi sikap tegas TNI-AL mencopot Dan Lanal Semarang

fayakhun menerima penghargaanJakarta – Fayakhun.Com – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Fayakhun Andriadi mengapresiasi sikap tegas TNI-AL yang segera bertindak cepat dengan mencopot Kolonel ASB dari jabatannya sebagai Dan Lanal Semarang.

Fayakhun dan juga Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Agus Kartasasmita yang sama-sama dari Fraksi Partai Golkar (FPG), menilai, Kolonel ASB telah merusak citra Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya kesatuan Angkatan Laut (AL), karena kedapatan menghisap sabu-sabu di sebuah hotel.

Sebagaimana dinyatakan pihak Markas Besar (Mabes) TNI-AL, Kolonel ASB telah dicopot dari jabatannya sebagai komandan Pangkalan TNI-AL (Dan Lanal) Semarang, setelah dia tertangkap tangan tengah mengonsumsi shabu-shabu, kemarin malam.

Tidak cukup dicopot dan disidik Polisi Militer TNI AL, dia juga bisa dibilang sudah tamat riwayat di TNI AL.

“Beliau sudah resmi dicopot dari jabatannya sebagai Danlanal. Pencopotan langsung dilakukan Kepala Staf TNI AL. Laksamana TNI Marsetio. Itu sanksi dari TNI AL,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI-AL, Laksamana Pertama Untung Surapati, di Jakarta, Selasa (30/4).

Fayakhun dan Agus juga menilai, penangkapan Kolonel ASB karena menghisap shabu-shabu di satu hotel, kemarin, sangat memalukan institusi militer Indonesia.

“Bagaimana ini, yang gunakan Narkoba itu perwira, bukan personel TNI biasa atau prajurit biasa. Dia ini khan panutan, karena seorang komandan pangkalan TNI AL. Kalau yang pakai anggota saja sudah sangat memalukan, apalagi seorang komandan pangkalan berpangkat kolonel,” tandas Fayakhun.

Sedangkan Agus menambahkan, ini benar-benar telah mencoreng tubuh institusi.

Secara terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Untung Surapati, membenari Kolonel ASB mengonsumsi narkoba di satu kamar di hotel di Semarang bersama temannya. Kolonel ASB diketahui merupakan seorang perwira menengah senior yang menjadi komandan pangkalan tipe B TNI AL.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Hanura, Susaningtyas Kertopati, meminta TNI AL segera memproses kasus Kolonel ASB.

“Menurut saya ASB harus diproses, tidak usah tebang pilih,” kata Kertopati.
Dikatakannya lagi, kasus yang menimpa ASB sangat memalukan. “TNI AL-pun sudah setuju yang bersangkutan untuk diproses karena sudah memalukan institusi. Dan dihukum yang setimpal sekaligus bandarnya harus diburu,” tandasnya.

Sedangkan Anggota Komisi I DPR RI lainnya, Chandra Tirta Wijaya mengatakan, proses hukum harus dilaksanakan. “Ini untuk memberi efek jera di samping itu juga diobati ketergantungan pada narkotika,” demikian Chandra Tirta Wijaya.
(jr-ant/S)

Sumber: SolusiNews 30 April 2013

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>