Fayakhun: UU Disiplin Militer Akan Menjaga Martabat TNI

Latihan gabungan TNI 2013

Jakarta, Suara.Asia.- Kasus pembunuhan yang melibatkan oknum TNI kembali terjadi di wilayah Semarang, Setidaknya 6 oknum anggota Batayon Infanteri 400/Raider Komando Daerah Militer (Kodam) IV/Diponegoro sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Mengamati tidak henti-henti kekerasan yang melibatkan oknum TNI, anggota Komisi I DPR RI Ir. Fayakhun Andriadi menegaskan perlu dipikirkan adanya Undang-Undang Hukum Disiplin Milter (HDM).

Menurut Fayakhun, seperti halnya pembunuhan di Semarang, kejadian terpicu karena persoalan sepele yakni senggolan di Cafe.

“Dengan adanya UU tersebut, maka akan ada pengaturan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota TNI termasuk keberadaan mereka di Cafe apakah saat jam tugas atau bukan,” jelas wakil ketua Fraksi Golkar ini.

Dijelaskan aturan HDM yang ada saat ini merupakan peninggalan KNIL dan belum pernah dimutakhirkan sampai sekarang.

“Ini sangat penting, namun Pemerintah sepertinya tidak responsif, sehingga Komisi I akan melakukan jemput bola, progresif mendorong UU HDM yang baru, demi tertib dan reputasi TNI yang bermartabat dalam kehidupan bermasyarakat.” ungkap politisi muda Partai Golkar ini

Ditegaskannya, TNI adalah aset bangsa, “mari kita jaga dengan baik, kalau ada hal-hal yang belum diatur, ya kita buat aturannya,” pungkasnya. (sa01)

Sumber: http://suara.asia/fayakhun-uu-disiplin-militer-akan-menjaga-martabat-tni/

 

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>