Fayakhun Nilai Trotoar Jakarta Belum Ramah Untuk Pejalan Kaki

trotoar-pejalan-kaki130207bFayakhun.Com –  Meskipun Jakarta sudah memiliki pemimpin baru Jokowi – Ahok namun kondisi pedestrian atau trotoar di Jakarta masih sangat mempriharikan dan tidak ramah lagi terhadap para pejalan kaki.

“Trotoar di Jakarta sudah tidak aman lagi,” jelas anggota DPR RI Dapil Jakarta Pusat, Selatan dan Luar Negeri Ir. Fayakhun Andriadi, Rabu (3/7).

Menurut politisi dari par tai bergambar pohon beringin ini ketidaknyaman trotoar di Jakarta bisa terlohat dari pengendara sepeda motor yang seenaknya menggunakan trotoar, dipakai berjualan kaki lima, hingga kondisi rusak tak terawat.

Dari hasil pengamatan Fayakhun, meskipun masih ada ruang bagi pejalan kaki di sisi jalan, namun kondisinya tidak layak karena kondisi konblok yang tidak tersusun rapi bahkan terlihat kabel-kabel dan pralon mengular diatas trotoar tersebut.

Banyaknya jebakan lubang diantara trotoar juga menjadi persoalan sendiri bagi pejalan kaki terutama saat malam hari, “kondisi trotoar yang berlubang dan dalam kondisi gelap juga membahayakan jiwa pejalan kaki,” terangnya.

Diungkapkannya, kebijakan yang dilakukan Pemprov Jakarta kurang menyentuh kepentingan pejalan kaki seperti dari ketersediaan trotoar yang minim hingga alih fungsi trotoar masih belum bisa ditangani. Masih banyak pelanggaran penggunaan trotoar yang seolah-olah dibiarkan.

“Seperti penggunaan trotoar untuk tempat parkir liar dan berjualan hingga digunakan pengguna kendaraan bermotor melintas. Pemprov DKI Jakarta harus berani dalam menindak pelanggaran-pelanggaran itu. Dengan kebijakan yang tepat serta tindakan yang tegas, diharapkan trotoar bisa kembali ke fungsinya yang sesuai,” pungkasnya.

.
Upaya Perbaikan Pemprov DKI

Untuk mengatasi ketidaknyamanan pengguna trotoar ini, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta sedang menggodok terobosan baru dengan membangun pedestrian layang di median (tengah) jalur bus Transjakarta. Pembuatannya tidak akan menggunakan dana APBD DKI Jakarta, melainkan dari investor yang tertarik membangun trotoar layang itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudi Siahaan mengatakan, usulan pedestrian layang di jalur bus Transjakarta akan dibuat di sepanjang Jalan Sudirman dari depan Ratu Plaza hingga Semanggi.

“Kita dapat usulan bagaimana warga saat berjalan tidak kena hujan dan panas,” jelas Rudi beberapa waktu lalu.

Salah satu lokasi yang direncanakan pembuatan jalan melayang ini akan berada di wilayah Ratu Plasa dan saat ini masih dalam pembahasan di Dinas Tata Ruang DKI Jakarta.

“Masih kita matangkan apakah itu bisa memacu orang untuk berjalan kaki? Kemudian dari segi estetika seperti apa? Karena ini juga menyangkut investasi yang besar, kita tidak mau tergesa-gesa,” pungkasnya. (sa01)

 

Sumber: http://suara.asia/fayakhun-nilai-trotoar-jakarta-belum-ramah-untuk-pejalan-kaki/

 

Random Posts

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>